Memperoleh beasiswa kuliah di luar negeri merupakan impian banyak orang. Ada beberapa rekomendasi beasiswa untuk kuliah S1 di luar negeri.

Di tahun 2024 ini, semakin banyak beredar beasiswa kuliah di luar negeri. Baik untuk jenjang S1 maupun jenjang S2. Ada berbagai macam jenis beasiswa yang dibuka untuk lulusan SMA berprestasi di Indonesia agar bisa kuliah S1 di negara lain. Beasiswa-beasiswa yang dimaksud adalah yang berasal dari pemerintah Indonesia langsung dan ada pula yang berasal dari pemerintah negara asal pemberi beasiswa. Berikut akan dijelaskan mengenai berbagai macam beasiswa kuliah di luar negeri untuk jenjang S1.

Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri Yang Dibiayai Oleh Negara Asalnya

  1. Beasiswa dari pemerintah Turki

Beasiswa kuliah di luar negeri yang satu ini berasal dari pemerintah Turki langsung. Beasiswa ini terbuka untuk siapa saja yang ingin berkuliah di Turki. Türkiye scholarship menerima mahasiswa dari seluruh dunia untuk kuliah S1, S2, dan S3 di negara tersebut. Termasuk kedalam kategori beasiswa fully funded yang mana akan membiayai seluruh kebutuhan hidup dari setiap mahasiswa yang sedang menempuh studi di Turki. Beasiswa ini akan membantu penerimanya dalam:

Berikut persyaratan untuk calon pendaftar:

  1. Beasiswa dari pemerintah Korea Selatan

Beasiswa kuliah di luar negeri yang satu ini disebut dengan beasiswa GKS. Merupakan program beasiswa fully funded yang diselenggarakan oleh pemerintah Korea Selatan. Beasiswa GKS ini memiliki tujuan untuk mendukung mahasiswa internasional dari segi finansial untuk mendukung studi S1, S2, ataupun S3 di negara tersebut. Beasiswa ini membantu penerimanya dalam:
Biaya tiket pesawat Indonesia – Korea untuk keberangkatan dan juga kepulangan.

Beasiswa Kuliah S1 Dari Universitas Luar Negeri

Selain beasiswa pemerintah, ada beberapa beasiswa kuliah internasional yang berasal dari universitas luar negeri tertentu. Beasiswa ini bisa dijadikan sebagai referensi para pemburu beasiswa. Ada beberapa beasiswa yang membiayai biaya hidup penerimanya, ada juga yang memberikan potongan biaya kuliah. Berikut beberapa universitas yang memberikan beasiswa untuk mahasiswa internasional.

Beasiswa kuliah Internasional yang satu ini berasal dari Australia. Ada beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan universitas ini. Salah satunya adalah beasiswa Vice-Chancellor’s International Scholarship Scheme yang mana memberikan bantuan biaya kuliah sebesar $40.000 AUD untuk para penerimanya semalam menempuh pendidikan di universitas tersebut. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi untuk calon pendaftar;

Beasiswa kuliah internasuinal negeri yang satu ini berasal dari salah satu universitas yang ada di Kanada. Universitas satu ini menyediakan ratusan kesempatan bagi para pemburu beasiswa. Salah satunya adalah beasiswa International Student Scholarship yang dibuka untuk jenjang S1. Beasiswa ini memberikan potongan biaya kuliah hingga mencapai CAD$9,000 untuk para penerimanya dengan durasi pendidikan selama 4 tahun. Selanjutnya ada beasiswa International Entrance Leadership Scholarship, beasiswa ini memberikan potongan biaya kuliah hingga mencapai CAD$5,000 untuk para penerimanya pada biaya awal masuk kuliah. Persyaratan untuk bisa mendaftar beasiswa ini cukup mudah yaitu merupakan mahasiswa internasional yang bukan berasal dari Kanda. Seleksi penerima beasiswa dilakukan berdasarkan prestasi akademis yang dimiliki masing-masing pendaftar.

Kesimpulan

Untuk para pendaftar kuliah yang sedang mencari beasiswa kuliah di luar negeri, cara pertama yang harus dilakukan untuk memulainya adalah dengan mencari berbagai informasi beasiswa yang disesuaikan dengan keinginan serta kriteria dari masing-masing pendaftar. Jika sudah menemukan yang pas, pendaftar dapat mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang diberikan dari masing-masing penyelenggara beasiswa.

Berikut tadi penjelasan mengenai beberapa beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa dijadikan sebagai referensi para pemburu beasiswa. Pastikan untuk mencari beasiswa yang sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing pendaftar. Semoga bermanfaat!